Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS Lemah, Harga Emas Dunia Naik

Kompas.com - 09/07/2015, 08:53 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berbalik naik alias  rebound pada Rabu (8/7/2015) waktu setempat (Kamis pagi WIB), seiring dengan melemahnya dollar AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus naik 10,9 dollar AS, atau 0,95 persen, menetap di 1.163,50 dollar AS per ounce.

Indeks dollar AS turun 0,59 persen menjadi 96,20 pada pukul 18.42 GMT. Indeks ini merupakan indikato dari dollar terhadap sekumpulan mata uang dunia utama.

Emas dan dollar AS biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dollar melemah, emas berjangka akan naik, karena emas yang diukur dalam dollar menjadi lebih murah bagi investor.

Emas juga mendapat dukungan karena investor juga berhati-hati memantau situasi di Yunani, karena pemerintah Yunani dan para pemimpin zona euro melanjutkan negosiasi atas krisis utang negara.

Risalah dari pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Federal Reserve AS akan dirilis pada Jumat, dan investor mengawasi dengan cermat untuk setiap petunjuk kapan suku bunga AS akan naik.

Sementara perak untuk pengiriman September naik 19,4 sen, atau 1,30 persen, menjadi  15,163 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober turun 5,70 dolar AS, atau 0,55 persen, ditutup pada 1.035,80 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com