Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan Pastikan Distribusi Pangan Lancar di Momen Mudik

Kompas.com - 09/07/2015, 10:54 WIB
CIBITUNG, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan jalur distribusi pangan aman dan lancar di momen mudik lebaran 2015. Hal tersebut dikatakan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama jajaran anggota DPR RI Komisi IV dalam kegiatan peninjauan harga di Pasar Induk Cibitung, Bekasi, Rabu (8/7/2015).

"Kita sudah telepon Menteri Perhubungan, khusus untuk distribusi pangan tidak boleh ada antre ataupun penyumbatan," kata Mentan di sela kegiatan.

Mentan juga telah memastikan harga pangan strategis aman jelang tujuh hari lebaran. Harga pangan di pasar, kata dia, sehat dan terkendali. Dia menilai, hal tersebut berkat upaya yang dilakukannya berkoordinasi dengan petani, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, Bulog, DPR dan lembaga terkait lainnya dalam mengendalikan harga. Salah satunya dengan menjaga rantai pasok pangan dan melakukan operasi pasar.

Pada peninjauan tersebut Mentan melakukan pengecekan harga ke sejumlah kios. Hasilnya, diperoleh informasi harga bawang merah Rp 13 ribu per kg. Selain itu, cabai rawit hijau Rp 32 ribu, cabai merah Rp 22 ribu dan jengkol Rp 21 ribu. Mentan menargetkan harga bawang merah bisa turun hingga Rp 10 ribu.

Mendampingi Mentan, Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Pra owo mengingatkan agar harga jangan sampai terlalu jatuh. Karena bisa berdampak kerugian pada petani.

"Saat ini harganya sudah bagus, semoga tetap stabil hingga lebaran dan selanjutnya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com