Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Tawarkan Investasi Rp 60 Triliun untuk Proyek Shinkansen

Kompas.com - 10/07/2015, 21:52 WIB
Icha Rastika

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang menawarkan kepada pemerintah RI investasi yang nilainya kurang lebih Rp 60 triliun untuk pembangunan kereta supercepat (Shinkansen) Jakarta-Bandung.

Pada Jumat (10/7/2015), Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yakni Hiroto Izumi menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membahas rencana kerjasama proyek ini. "Tentu ada nilai investasi mereka, totalnya kalau Shinkansen kira-kira Rp 60 triliun," kata Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi di Kantor Wakil Presiden Jakarta.

Sebelum menemui Wapres, utusan PM Jepang ini bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Sekretaris Wapres Mohamad Oemar menyampaikan bahwa suku bunga yang ditawarkan Jepang di bawah 0,5 persen.

"Pinjaman 100 persen dr jepang. Suku bunganya di bawah 0,5. 40 masa pinjaman dengan grace periode 10 tahun," tutur Oemar.

Dalam pertemuan dengan Wapres, Jepang menawarkan usul-usul khusus terkait rencana pembangunan proyek shinkansen. Selain nilai investasi, Jepang menjanjikan penggunaan konten lokal dan transfer teknologi.

"Dia kandungan konten lokalnya tentu Indonesia, dia janjikan itu. Ya pasti lah kereta api (PT Kereta Api Indonesia jadi BUMN) yang ditunjuk. Tentu dengan macam-macam janji mereka, local content, transfer teknologi semua juga dijanjikan," tutur Sofjan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com