Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Raung Erupsi, Konsumsi Avtur Saat Mudik Lebaran Diprediksi Turun

Kompas.com - 11/07/2015, 02:32 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring bertambahnya frekuensi penerbangan saat mudik Lebaran, penggunaan bahan bakar pesawat atau avtur juga akan mengalamai peningkatan. Namun, Pertamina sebagai produsen avtur memprediksi konsumsi avtur saat mudik Lebaran tahun ini sedikit menurun apabila dibandingkan mudik Lebaran tahun lalu.

Prediksi ini berdasarkan banyaknya penerbangan yang dibatalkan akibat erupsi Gunung Raung di Bondowoso, Jawa Timur.

"Kita perkirakan (konsumsi avtur) saat mudik tahun ini agak berkurang karena erupsi Gunung Raung. Kan penerbangan ke Bali dan Lombok sampai sekarang batal semua kan," ujar Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang di Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Menurut dia, setiap musim mudik tiba, konsumsi avtur akan meningkat rata-rata 10 persen per tahun. Namun, kata Ahmad, saat puncak arus mudik di sektor angkutan udara tiba, penggunaan avtur bisa naik hingga 25 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Oleh karena itu kata dia, Pertamina tetap akan menyediakan avtur berapa pun permintaannya saat mudik Lebaran tahun ini. Hal itu sebagai upaya menyukseskan mudik Lebaran tahun ini dan pemberian pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa angkutan udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com