Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seminggu Setelah Lebaran, Pertamina Jual Pertalite di 103 SPBU

Kompas.com - 11/07/2015, 12:06 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Pertamina akan melakukan tes pasar bahan bakar minyak (BBM) terbarunya, yaitu Pertalite, seminggu setelah Lebaran ini. Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, pada tahap awal peluncurannya, Pertalite akan dijual di 103 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di beberapa daerah di Indonesia.

"Habis Lebaran (peluncuran Pertalite), ya enggak usah lama antara seminggu atau dua minggu habis Lebaran. Peluncurannya di SPBU Pertamina di Tanah Abang," ujar Ahmad Bambang di Jakarta, Jumat (10/7/2015) malam.

Dia menjelaskan, dalam setiap peluncuran suatu produk, ada beberapa tahap yang biasa dilakukan oleh Pertamina. Tahapan tersebut meliputi tes pasar, roll out, dan kampanye nasional.

Pada tahap tes pasar, Pertamina akan memasarkan produknya di 103 SPBU, termasuk di SPBU Tol Cipali. Setelah sebulan tahapan tes pasar, Pertamina masuk tahap pengembangan pemasaran ke kota-kota besar di Jawa, Bali, dan beberapa kota besar di luar Jawa-Bali, misalnya Medan, Pekanbaru, dan Palembang.

"Setelah itu semua, baru nanti kami kampanye nasional (memperkenalkan Pertalite melalui iklan di media)," kata Ahmad.

Untuk harga BBM beroktan (RON) 90 itu, dia enggan menyebut angka pasti. Namun, Ahmad berujar bahwa harga Pertalite akan berada di bawah harga Pertamax (RON 92) dan di atas harga Premium (RON 88).

"Targetnya, bisa (tersedia) di seluruh Indonesia tahun ini. Kisaran harganya di tengah-tengah Pertamax dan Premium. Ya (harganya) kepala 8-lah (sekitar Rp 8.000)," ucap dia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com