Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres: Subsidi Listrik Akan Dialokasikan untuk Pembangunan Infrastruktur

Kompas.com - 14/07/2015, 19:48 WIB
Icha Rastika

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan bahwa anggaran hasil pemangkasan subsidi listrik akan disalurkan untuk pembangunan infrastruktur pembangkit listrik. Upaya ini diperlukan guna memenuhi 100 persen kebutuhan listrik nasional.

"Untuk pembangunan listrik yang lain karena kita kan belum 100 persen dapat memenuhi kebutuhan liistrik nasional," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (14/7/2015).

Pemerintah tengah mengkaji kemungkinan menyalurkan subsidi listrik secara langsung kepada 15,5 juta warga miskin. Awalnya, pemerintah bersama DPR menyepakati anggaran subsidi Rp 71 triliun dengan asumsi 44 juta pelanggan penerima subsidi. Alokasi anggaran untuk subsidi listrik ini bisa berkurang Rp 20 triliun hingga Rp 30 triliun dengan asumsi 15,5 juta warga penerima subsidi.

Kalla menilai mekanisme pemberian subsidi listrik secara langsung ini akan lebih efektif dan tepat sasaran.

"Bukan per orang tetapi per keluarga yang memakai listrik. Hanya orang yang benar-benar tidak mampu membayar listrik yang diberikan subsisi. Itu kan dasar subsidi itu, tidak mensubsidi jumlah watt-nya tetapi orangnya yang tidak mampu," tutur Kalla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com