Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Tentu Harga BBM Turun

Kompas.com - 22/07/2015, 16:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menuturkan, meski kecenderungan harga minyak dunia akan kembali turun, pemerintah belum tentu akan menurunkan harga jual bahan bakar minyak (BBM) di dalam negeri. "Jangan lupa, beberapa waktu yang lalu, Pertamina menanggung selisih negatif karena kita punya kebijakan ingin menstabilkan harga. Nanti kalau harga minyak dunia turun, kita tidak akan buru-buru turun," kata Sudirman ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (22/7/2015).

Lebih lanjut, Sudirman mengatakan, pertimbangan pemerintah untuk tidak buru-buru menurunkan harga BBM adalah untuk memberikan kompensasi atas kerugian yang ditanggung Pertamina, beberapa waktu lalu. Menurut Sudirman, keputusan tersebut juga menunjukkan konsistensi pemerintah dalam pengelolaan subsidi.

Sebagaimana diketahui, pemerintah sudah tidak memberikan subsidi untuk BBM Premium. Namun untuk menjaga konsistensi tersebut, Sudirman meminta masyarakat untuk mengikhlaskan ketika harga BBM tidak turun saat harga minyak dunia turun. "Namun, masyarakat harus bantu jaga stabilitas harga. Artinya, kalau harga minyak dunia turun terus, akan ada ambang batas (bawah). Selisih positif akan ditabung sebagai bekal," ucap Sudirman.

Pagi tadi, Kementerian ESDM menggelar halalbihalal di lingkungan kementerian mereka. Kesempatan tersebut turut dihadiri jajaran direksi dari PT Pertamina (Persero) selaku pemangku kepentingan di sektor energi. Sudirman mengatakan, pertemuan dengan direksi Pertamina ini menyinggung soal pengelolaan harga BBM ke depan. "Kecenderungannya saat ini sedang turun, dan kemungkinan bisa turun lagi. Namun, faktor yang harus diperhatikan adalah kurs rupiah," ucap Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com