Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Kemaritiman Sambut Kedatangan Satgas KJK

Kompas.com - 22/07/2015, 16:53 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA. KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo memimpin upacara penyambutan kepulangan Satuan Tugas (Satgas) Kartika Jala Krida (KJK) 2015 dari World Expo Milano (WEM) di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (22/7/2015). Kedatangan Satgas KJK itu lantas membuat Indroyono terkenang dengan keberhasilan KRI Dewa Ruci melakukan pelayaran keliling dunia pada tahun 1964 silam.

Bahkan, dia tak canggung menyebut semua awak kapal yang tergabung dalam Satgas KJK telah mengikuti jejak awak kapal layar legendaris Indonesia itu. "Kalian mengulang sejarah 51 silam. Saat itu KRI Dewa Ruci melakukan operasi keliling dunia dan ikut dalam New York World Fair 1964 di New York. Sekarang 51 tahun kemudian, kalian ikut dalam World Milan Expo khususnya World Ocean Day di Milan 7 sampai 9 Juni 2015 lalu," ujar Indroyono saat memberi sambutan dalam upacara penyambutan tersebut.

Lebih lanjut, atas nama pemerintah dan negara, Indroyono mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh anggota Satgas KJK. Menurut Menko, seluruh anggota telah mengharumkan nama Indonesia dengan memperkenalkan berbagai hal tentang Indonesia di setiap negara yang dilabuhinya. "Kalian telah menunjukkan kepada dunia. menunjukkan negara maritim terbesar di dunia yaitu Indonesia," kata Indroyono.

Satgas KJK WEM 2015 merupakan tim yang mewakili Indonesia dalam World Ocean Day di World Expo Milano 2015. Dalam perjalanan menuju Italia, Satgas KJK WEM 2015 menggunakan KRI-592 Banjarmasin. Kapal perang itu buatan Indonesia.

Dalam perjalanannya, Satgas singgah di beberapa kota sebelum tiba di Genoa-Italia yakni di Cochin-India, Djibouti, dan Alexandria-Mesir. Sementara itu saat rute kembali, KRI-592 Banjarmasin singgah di Jeddah, Arab Saudi dan Karachi, Pakistan. Di setiap kota persinggahahan itu, Satgas melakukan banyak acara mulai dari courtesy call, open ship, olah raga persahabatan, hingga malam kesenian dan kirab kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com