Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertalite Diluncurkan, Menko Sofyan Pastikan Impor Minyak Akan Naik

Kompas.com - 23/07/2015, 11:42 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Asal pasokan minyak untuk produk BBM baru Pertamina yaitu Pertalite mulai terkuak. Menteri Perekonomian Sofyan Djalil mengungkapkan bahwa pasokan BBM RON 90 itu berasal dari luar negeri alias impor.

Sofyan juga memastikan impor minyak akan kembali meningkat sebagai konsekuensi dari penjualan Pertalite. "Ya, ya pasti (impor minyak naik) karena itu kan blending. Pertalite itu campuran oktan lebih rendah ke tinggi," ujar Sofyan di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (23/7/2015).

Menurut dia, Pertalite merupakan bentuk diversifikasi produk BBM oleh Pertamina. Jika Premium memiliki RON rendah, yaitu 88, Pertalite memiliki RON 90.

Sofyan mengakui Pertalite belum memenuhi standar emisi gas buang yang diadopsi Indonesia yaitu standar Euro 2. Namun, produk baru Pertamina itu merupakan langkah untuk memperbaiki emisi gas buang Premium.

"Standard Euro 2, sasarannya ke sana kalau refinery (kilang) kita baik. Semakin tinggi oktan, semakin bagus untuk lingkungan. Pertalite dalam rangka memperbaiki itu," kata Sofyan.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) berniat mulai memasarkan produk bahan bakar minyak (BBM) terbarunya, Pertalite, pada 103 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Inisiasi awal ini hanya sebatas tes pasar dengan kuota 824 ton Pertalite yang sudah disiapkan untuk memasok kebutuhan ke-103 SPBU yang ditunjuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com