Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sah, Pertalite Diluncurkan pada Harga Rp 8.400 Per Liter

Kompas.com - 24/07/2015, 09:30 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Bahan bakar minyak (BBM) jenis baru yang diproduksi Pertamina, Pertalite, akhirnya diluncurkan pada Jumat (24/7/2015) di Jakarta. Mulai hari ini juga, BBM RON 90 itu mulai uji pasar serentak di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Untuk harga Pertalite, BUMN migas itu mematok harga Rp 8.400 per liter. Harga tersebut lebih mahal Rp 1.000 dari harga Premium RON 88 dan lebih murah Rp 900 dari harga Pertamax RON 92.

"Saat ini Pertalite sudah ada di 68 SPBU di Jakarta, kemudian 2 di SPBU di Bandung, 33 di SPBU Surabaya, dan di jalan tol di 13 SPBU tol di Jawa Barat. Harga Rp 8.400 per liter dengan kualitas RON 90," ujar Vice President Coorporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro di sela acara peluncuran Pertalite, di SPBU Abdul Muis, Jakarta.

Menurut dia, saat ini Pertamina menyediakan Pertalite 5.000 liter per hari di 103 SPBU di Jakarta, Bandung, dan Surabaya, serta 13 SPBU di tol di Jawa Barat. Pertamina pun siap menambah jumlah Pertalite di SPBU apabila antusias masyarakat membeli BBM jenis baru itu tinggi.

"Periode uji coba kita lihat hasil dari beberapa minggu ini. Kita harap kita tidak teralu lama melakukan uji coba supaya kita nanti bisa melengkapi SPBU-SPBU Pertamina lain dengan Pertalite dalam jangka waktu lama," kata Wianda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com