Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Lesu, Proyeksi Pertumbuhan Kredit Direvisi Jadi 13 persen

Kompas.com - 24/07/2015, 20:19 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Pertumbuhan kredit tahun ini diproyeksikan hanya sekitar 13 persen hingga 15 persen, setelah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerima laporan Rencana Bisnis Bank (RBB) dari 108 bank.

Kendati masih ada 10 bank yang belum melaporkan RBB, namun Ketua Dewan OJK Muliaman D Hadad memastikan pertumbuhan kredit tahun ini lebih rendah dari perkiraan awal tahun ini yang mencapai 16 persen hingga 17 persen.

“Terjadi penurunan target pertumbuhan kredit dan pertumbuhan dana pihak ketiga,” kata Muliaman di Jakarta, Jumat (24/7/2015).

Muliaman menuturkan, proyeksi pertumbuhan kredit turun 2,67 persen dari proyeksi awal. Namun begitu, pengawas industri jasa keuangan tersebut berharap proyeksi penurunannya lebih rendah asalkan pemulihan ekonomi bisa terealisasi.

OJK menengarai perkembangan ekonomi sangat mempengaruhi pertumbuhan industri jasa keuangan. Sinyal pemulihan telah nampak di negeri Paman Sam, begitu juga dengan penyelesaian krisis di zona Eropa setelah Yunani mendapatkan dana talangan baru dengan syarat melakukan pengetatan fiskal.

“Beberapa negara di Eropa mengalami perbaikan. Zona Euro pada Mei mengalami surplus neraca perdagangan sebesar 18 miliar Euro,” imbuh Muliaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com