Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbesar Bisnis Infrastruktur, Astra Pegang Saham Ruas Tol Semarang-Solo

Kompas.com - 29/07/2015, 17:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk melalui anak usahanya, PT Astratel Nusantara, merampungkan akuisisi 25 persen saham PT Trans Marga Jateng (TMJ), operator yang memiliki dan mengelola ruas jalan tol Semarang–Solo sepanjang 72,64 km.

Dalam penjelasan resminya, Rabu (29/7/2015), Astratel menyatakan selesainya proses akuisisi ini, komposisi kepemilikan saham pada jalan tol ruans ini adalah PT Jasa Marga (73,9 persen), PT Astratel Nusantara (25 persen), PT Sarana dan Pembangunan Jawa Tengah (1,1 persen).

Ruas tol Semarang-Solo terdiri dari 5 seksi dan saat ini seksi 1 Semarang-Ungaran sepanjang 10,8 km dan seksi 2 Ungaran - Bawen sepanjang 11,9 km sudah beroperasi. Sementara itu seksi 3, ruas Bawen-Salatiga sepanjang 17,3 km masih dalam proses konstruksi, seksi 4 dan 5 Salatiga-Boyolali sepanjang 24,1 km dan Boyolali-Kartosuro sepanjang 8,41 km masih dalam tahap pembebasan lahan.

Diharapkan seluruh ruas ini dapat diselesaikan dan beroperasi pada tahun 2017. Ruas jalan tol Semarang – Solo merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang selain menghubungkan kedua kota tersebut juga akan menjadi penghubung berbagai kota di Jawa Tengah dan akses ke Yogyakarta.

Keberadaan ruas tol ini diharapkan dapat mengembangkan potensi ekonomi wilayah sekitarnya, sehingga menciptakan efek berganda (multiplier effect) bagi kesejahteraan masyarakat serta memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi regional dan nasional.

Dengan tuntasnya akuisisi saham tersebut, PT Astratel Nusantara (AN) memiliki empat ruas jalan tol melalui kepemilikan saham di empat perusahaan, yaitu PT Marga Mandalasakti (79,31 persen) saham untuk ruas tol Tangerang–Merak sepanjang 72,45 km.

Selain itu melalui PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), dengan kepemilikan 95 persen, memiliki ruas tol Jombang – Mojokerto sepanjang 40,5 km. Seksi 1 telah beroperasi dan seksi 2- 4 sedang dalam proses pembebasan lahan dan pararel seksi 2-3 dalam proses konstruksi.

Astratel juga memiliki PT Marga Trans Nusantara (MTN), dengan kepemilikan 40 persen untuk ruas tol Serpong–Kunciran sepanjang 11,25 km, dan terakhir adalah PT Trans Marga Jateng (TMJ), dengan kepemilikan 25 persen di ruas tol Semarang–Solo sepanjang 72,64 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com