Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Feds Pertahankan Suku Bunga Acuan

Kompas.com - 30/07/2015, 09:00 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com -
Bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve, Rabu (29/7/2015) waktu setempat, mempertahankan suku bunga acuannya (federal funds), di posisi mendekati nol persen. Hal ini sesuai perkiraan para analis. The Fed juga tidak memberikan sinyal baru tentang kapan kenaikan tingkat suku bunga yang lama ditunggu-tunggu mungkin terjadi.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) mengatakan, ekonomi AS telah berkembang secara moderat dalam beberapa bulan terakhir. FOMC juga menyebutkan, pasar pekerjaan telah menguat, tetapi mencatat berlanjutnya investasi bisnis dan ekspor yang lemah.

Selain itu, disebutkan, bahwa inflasi masih lebih lemah dari pada yang diharapkan para pembuat kebijakan moneter tersebut. Meskipun mencatat bahwa banyak pelemahan terkait dengan jatuhnya harga energi selama tahun lalu dan impor yang lebih murah, karena dollar AS yang kuat.

Tetapi pernyataan kebijakan singkat FOMC, pada akhir pertemuan dua hari, tidak memberikan tanda-tanda baru pemikiran mereka tentang kapan mereka akan memulai serangkaian kenaikan suku bunga.

Suku bunga fed funds telah bertahan di 0-0,25 persen sejak akhir 2008 untuk mengangkat ekonomi AS dari jurang resesi. Ketua Fed Janet Yellen baru-baru ini telah mengatakan ia memperkirakan kenaikan suku bunga akan datang pada akhir tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com