Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wewenang Bappenas Diperluas, Menkeu Klaim APBN Lebih Efisien

Kompas.com - 30/07/2015, 12:42 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro mengklaim, diperluasnya wewenang Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk masuk sampai level satuan tiga di Kementerian/Lembaga, menjadikan penggunaan anggaran negara lebih efisien.

"Kalau Bappenas bisa masuk sampai level satuan tiga, ujung-ujungnya anggaran lebih efisien," kata Bambang di Jakarta, Kamis (30/7/2015).

Bambang menjelaskan, program-program di level satuan tiga Kementerian/Lembaga akan lebih terkoordinasi jika ada koordinasi dari Bappenas. Ia menyebutkan, jika ada koordinasi dari Bappenas, maka tidak akan ada program duplikasi atau program yang tidak selaras antara satu kementerian dan yang lainnya.

"(Misalnya) Waktu itu dikeluhkan Presiden, ada waduk tidak ada irigasinya. Kalau ada link dari Bappenas akan lebih baik," ucap Bambang.

"Jangan sampai level tiga level kegiatan yang selama ini terpecah di Kementerian itu tidak ada link-nya," kata dia,

Sementara itu, Bambang menambahkan bahwa Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi juga diperluas perannya untuk bisa melakukan studi kelayakan terhadap proyek-proyek yang akan dikerjakan.

Sekadar informasi tahun ini pemerintah mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk pembangunan infrastruktur, mencapai Rp 290 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com