Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali Anjlok, Harga Minyak Mentah Turun ke Kisaran 45 Dollar AS

Kompas.com - 04/08/2015, 07:10 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak dunia turun lagi pada Senin (3/8/2015) waktu setempat (Selasa pagi WIB), dengan minyak mentah Brent jatuh sekitar lima persen. Penurunan ini setelah data baru menunjukkan manufaktur Tiongkok dan AS melemah. Selain itu ada pula kekhawatiran tentang kelebihan pasokan global.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September anjlok 4,1 persen atau 1,95 dollar AS menjadi ditutup pada 45,17 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan September berakhir pada 49,52 dollar AS per barrel, jatuh 2,69 dollar AS atau 5,2 persen dari penutupan Jumat lalu di Intercontinental Exchange London.

Sebelumnya pada Jumat, harga minyak dunia juga turun lebih dari dua persen setelah OPEC mengatakan tidak akan memangkas produksinya dalam menghadapi penuruanan harga.

Data manufaktur baru di Amerika Serikat dan Tiongkok, dua ekonomi dan konsumen energi terbesar dunia, mempersuram prospek permintaan minyak.

Di sisi penawaran, ada kekhawatiran mengenai kemungkinan banjir pasokan global. Hal ini terkait komentar Menteri Perminyakan Iran, Bijan Zanganeh, tentang peningkatan ekspor minyak Iran setelah sanksi-sanksi dicabut sebagai bagian dari kesepakatan negara itu dengan enam negara besar untuk membatasi program nuklirnya.

"Ia percaya bahwa mereka akan naik 500.000 barrel per hari hanya seminggu setelah sanksi-sanksi dicabut, dan meningkat satu juta barrel setelah hanya satu bulan," kata analis Commerzbank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com