Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut Pelindo II Minta Media Tak Bela "Pelaku Sabotase" di JICT

Kompas.com - 06/08/2015, 17:43 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) RJ Lino meminta media untuk tidak membela orang-orang yang selalu bicara nasionalis, namun selalu melakukan 'sabotase'. “Mematikan listrik, JICT distop, itu apa nasionalis? Enggak nasionalis itu namanya. Saya kadang bingung di koran itu, orang yang jelas-jelas sabotase aset negara kok dibelain, dibikin high profile. Jadi lucu, kebalik-balik,” ungkap Lino ditemui usai rapat koordinasi tentang dwell time di Kantor Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Sayangnya, Lino tak menyebutkan gamblang siapa pihak yang dinilainya selalu melakukan "sabotase" tersebut.

Sementara itu, terkait dengan nilai penjualan Jakarta International Container Terminal (JICT) yang sebesar 215 juta dollar AS sebagai uang muka, Lino memastikan angka tersebut merupakan hasil perhitungan yang menguntungkan Indonesia. Di dalam dokumen Perjanjian Perubahan terhadap Amandeman Perjanjian Pemberian Kuasa pada tanggal 5 Agustus 2014, Pelindo II mendapatkan uang muka 215 juta dollar AS dari HPH (49 persen saham JICT) dan 21,25 juta dollar per triwulan (85 juta dollar per tahun) dari biaya sewa JICT. “Angka itu angka yang sangat baik untuk Indonesia, saya bisa proven itu. Jadi yang bicara itu (rendah) hanya orang yang cari persoalan saja,” sambung Lino.

Nilai jual sebesar 215 juta dollar AS tersebut memang lebih rendah jika dibandingkan dengan kesepakatan konsesi sebelumnya yang mencapai 243 juta dollar AS. Namun, Lino memastikan dirinya bisa membuktikan penawaran tersebut adalah yang paling menguntungkan. Apalagi kata dia, valuasi JICT dilakukan oleh Deutsche Bank (DB). “Perusahaan yang tidak bisa disogok,” kata Lino.

Menurut Lino, DB sangat profesional dan tidak mungkin salah taksir. Ditambah lagi, hasil valuasi dari DB kemudian dinilai lagi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). “Nilainya wajar enggak?,” sambung dia.

Setelah penilaian dari BPKP, barulah konsesi JICT dilelang ke berbagai pihak. “Semua orang enggak berani dengan offer yang Hutchinson kasih. Itu artinya apa? Angka itu adalah penawaran yang sangat baik untuk Indonesia,” tandas Lino.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com