Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Masih Lesu

Kompas.com - 11/08/2015, 09:36 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal perdagangan Selasa (11/8/2015), bergerak fluktuatif. Meski dibuka hijau, beberapa saat kemudian indeks tergelincir ke zona merah.

IHSG dibuka naik 14,68 poin ke posisi 4.763,63. Namun hingga sekitar pukul 09.25 WIB, IHSG melemah 4,38 poin ke posisi 4.744,57. Tercatat 97 saham naik, 74 saham turun, dan 61 saham stagnan. Adapun nilai transaksi mencapai Rp 549,08 miliar dengan volume 696,84 juta lot saham.

Hari IHSG sebenarnya mendapatkan dukungan positif dari eksternal. Sentimen penguatan bursa Wall Street bisa mendorong aksi beli selektif di Bursa Efek Indonesia.

Perdagangan saham kemarin diwarnai aksi ambil untung lanjutan di tengah minimnya insentif dan sepinya transaksi. Namun koreksi IHSG membaik di akhir sesi setelah sempat koreksi 49 poin, akhirnya ditutup di 4748,949 terkoreksi 21 poin. Nilai trasaksi di Pasar Reguler hanya mencapai Rp 2,67 triliun mengindikasikan banyak pelaku pasar mengambil posisi wait and see menyusul risiko pasar yang relatif masih tinggi.

Sementara Wall Street berhasil rebound pada perdagangan Senin waktu setempat setelah selama tujuh hari perdagangan terkoreksi. Indeks DJIA dan S&P masing-masing menguat 1,39 persen dan 1,28 persen.

Pasar menyambut positif aksi akuisisi Berkshire Hathaway Inc. atas Precision Castparts Corp. dan ditopang juga reli saham-saham berbasiskan komoditas setelah harga minyak mentah berhasil rebound 2,59 persen di 45,51 dollar AS per barrel.

Menurut Riset First Asia Capital saham global yang kembali bergerak di teritori positif akan mendukung sentimen perdagangan saham hari ini. IHSG berpeluang rebound pada perdagangan hari ini setelah tiga hari perdagangan terakhir mengalami tekanan jual.

IHSG diperkirakan bergerak dengan support di 4710 dan resisten di 4810 berpeluang menguat. Saham yang direkomendasikan antara lain TLKM, BMRI, PTPP dan SMRA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com