Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari Sebelum HUT-nya ke-85, Pialang Saham AS Beli Perusahaan Onderdil Pesawat Terbang

Kompas.com - 11/08/2015, 14:56 WIB

KOMPAS.com - Tanggal 30 Agustus 2015 kali ini boleh jadi menjadi hari yang tak lekang dalam ingatan Warren Buffet. Pialang saham paling sohor di Amerika Serikat (AS) itu, seturut kabar laman dailymail.com hari ini, membeli perusahaan onderdil pesawat terbang Precision Castparts Corporation (PCC) persis satu hari menjelang hari ulang tahun (HUT)-nya ke-85 itu. Tepatnya, pada 29 Agustus 2015, perusahaan yang berbasis di Portland, Oregon menjadi milik Buffet.

Buffet membeli PCC melalui perusahaannya Berkshire Hathaway dengan duit tunai sebesar 37,2 miliar dollar AS. Angka ini masuk dalam kategori pembelian paling besar di dunia.  

Warren Buffet, kelahiran Omaha, Nebraska, AS, itu menjadi pemilik Berkshire Hathaway sejak 1965. Selama lima dekade, ia mengubah wajah perusahaan dari pelaku bisnis tekstil bersahaja menjadi konglomerasi yang memasukkan grup raksasa Coca-Cola dan American Express ke dalam pundi-pundi kekayaannya.

Nama Buffet menjadi sorotan pula pada 2013 silam. Kala itu, ia membeli perusahaan kecap asal Philadelphia, Heinz seharga 9,5 miliar dollar AS. Awal tahun ini, Buffet juga membeli perusahaan keju Kraft seharga 25,5 miliar dollar AS.

PCC dalam catatan terkumpul memproduksi hampir seluruh onderdil pesawat terbang bikinan Airbus, Boeing, GE, dan Rolls-Royce. Perusahaan itu memunyai 3.500 karyawan yang tersebar pada 13 pabrik di Inggris, Wales, dan Skotlandia. Anak perusahaan PCC antara lain Caledonian Alloys, AETC Limited, Wyman-Gorodn, SPS Aerostructures, TIMET, dan AF Aerospace.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com