Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jonan Sebut Rencana Belanja dan Realisasi Pembayaran Tidak Sinkron

Kompas.com - 14/08/2015, 14:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan optimistis penyerapan anggaran di kementeriannya pada tahun ini dapat terealisasi sampai 85 persen, setara Rp 55,25 triliun.

"Memang penyerapan anggaran kecil pada saat ini karena uang muka diambil belakangan. Atau yang sudah hampir selesai baru diambil uangnya. Jadi penyerapan dan pekerjaannya sendiri tidak sinkron," kata dia di Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Jonan menuturkan, kalau untuk kontrak proyek-proyek perhubungan, Kementeriannya sudah merealisasikan sampai 75 persen. Jonan pagi ini menghadiri Pidato Kenegaraan Presiden RI RAPBN 2015, bersama dengan sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Jonan usai mendengar pidato Joko Widodo mengatakan, pemerintah bersama MPR/DPR/DPD berusaha untuk membuat stabilitas ekonomi lebih baik.

Sekadar informasi, realisasi penyerapan anggaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada semester I-2015 baru Rp 7,3 triliun, atau 11,3 persen dari total pagu anggaran APBNP 2015 sebesar Rp 65 triliun.

Penyerapan anggaran itu menempatkan Kemenhub termasuk dalam daftar kementerian yang persentase penyerapan anggarannya rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com