Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peternakan Sapi Rakyat Bisa Bantu Selesaikan Masalah Kelangkaan Daging Sapi

Kompas.com - 14/08/2015, 21:15 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mengunjungi salah satu sentra peternakan sapi 'rumahan' (peternakan sapi rakyat) di kawasan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Desa Pasir Luhur, Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cimenyan, Jumat, (14/8/2015) sore.

Ada sejumlah lokasi peternakan sapi yang dikunjungi. Sapi - sapi itu bukan milik satu orang saja, tetapi, milik warga - warga di sekitar sana. Masing - masing warga rata - rata memiliki tiga sampai lima ekor sapi. Ada juga yang hanya punya satu. Mereka tergabung dalam koperasi Kelompok Petani Sejahtera.

Aher mengatakan, kunjungannya kali ini sebagai respons atas kelangkaan daging sapi dalam beberapa waktu belakangan ini. Aher berharap, hadirnya para peternak rakyat ini bisa ikut menyelesaikan permasalahan kelangkaan sapi saat ini, dengan memperkuat atau meningkatkan pasokan kebutuhan daging sapi di Jawa Barat dan kebutuhan skala nasional. "Kita berharap para peternak rakyat semakin termotivasi untuk meningkatkan produktifitasnya, untuk ketahanan pangan kita. Jika peternak sapi rakyat semakin mandiri, ketersediaannya akan semakin banyak, maka impor sapi hanya akan menjadi opsi terakhir kita. Peternak juga sejahtera," kata Aher.

Menurut Aher, peternak rakyat memiliki peran sangat strategis dalam mengimbang feedloter (perusahaan peternakan penggemukan) juga importir sapi. Ini juga, kata dia, harus didukung oleh manajemen agribisnis yang mantap. "Bisa, bisa, peternak sapi bisa bersaing dengan feedloter, tapi, harus masif ya. Kalau ini (peternakan rakyat) jadi budaya, tentu, peternak rakyat bisa bersaing dengan feedloter," katanya.

Tak hanya itu, lanjut dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, akan terus mendorong peternak sapi rakyat agar terus meningkatkan produktivitasnya. Pasalnya, ia menargetkan Jawa Barat untuk swasembada sapi. "Ke depan, mudah-mudahan kita (Jawa Barat) bisa swasembada sapi, juga yang lainnya, seperti ayam, ikan, dan juga domba," pungkasnya.

Kompas TV Gejolak Harga di Dalam Negeri Jadi Tantangan Mendag Baru
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com