Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Perbesar Layanan Mikro ke NTB

Kompas.com - 18/08/2015, 13:08 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk memperkuat layanan micro banking di Nusa Tenggara Barat (NTB), lantaran besarnya potensi ekonomi yang ada di daerah ini.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin mengatakan wilayah seperti NTB memiliki potensi sumberdaya yang besar untuk digarap oleh pelaku usaha mikro. Oleh karena itu, NTB menjadi salah satu daerah yang menjadi fokus unit mikro Bank Mandiri untuk dikembangkan.

Hingga akhir Juni 2015, jumlah nasabah kredit mikro Bank Mandiri pada akhir Juni 2015 mencapai 18.665 debitur dengan nilai pembiayaan sebesar Rp 919 miliar, tumbuh 35 persen dari Juni 2014 Rp 680 miliar.

“Usaha sapi, perkebunan jagung, rumput laut, produk mutiara air laut hingga kerajinan tenun menjadi lahan usaha potensial yang bisa digarap untuk meningkatkan pendapatan asli daerah," kata Budi dalam keterangan pers, Selasa (18/8/2015).

Budi menambahkan, salah satu strategi utama dalam mengembangkan segmen bisnis ini adalah dengan memperkuat jaringan unit mikro ke wilayah-wilayah terpencil. Pasalnya, semakin banyak outlet atau kantor mikro yang ada, maka semakin mudah menjangkau pelaku usaha segmen tersebut.

Hingga paruh pertama 2015, jaringan mikro bisnis Mandiri di wilayah Nusa Tenggara Barat meliputi 26 Cabang Mikro,15 Unit Gerai Mandiri Mitra Usaha, 4 Kios Mikro dan 1 MobilMU.

Hingga akhir tahun, jaringan tersebut bertambah 8 kantor mikro yang terdiri atas 4 cabang mikro dan 4 unit gerai MMU.

“Berkat pendampingan usaha serta dukungan optimal Bank Mandiri, kualitas aset mikro di NTB juga tercatat cukup baik, yaitu pada kisaran di bawah 1 persen,” kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com