Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airbus dan SQ Benahi Penerbangan Nonstop ke AS

Kompas.com - 18/08/2015, 16:30 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat pesawat terbang Airbus dan maskapai penerbangan Singapore Airlines (SQ) membenahi penerbangan nonstop (tanpa henti) ke Amerika Serikat dari Singapura. Laman Bloomberg dalam wartanya pada Selasa (18/8/2015), mengatakan bahwa Airbus mengandalkanb varian pesawat terbarunya A350-900. Sejak setahun silam, Airbus sudah mengirimkan pesawat buatannya itu ke Singapura. Pesawat itu memunyai mesin ganda.

Menurut Wakil Presiden Strategi dan Pemasaran Airbus Kirana Rao, pesawat A350-900 sudah mendapat pembenahan kabin. Upaya itu dilakukan untuk mengurangi berat pesawat. Nantinya, pesawat tersebut bakal melayani rute Singapura ke AS pergi pulang pada 2018.

SQ sementara waktu menghentikan penerbangan tanpa henti ke AS sejak 2013. Penerbangan itu memakan waktu sekitar 19 jam. Kini, kata CEO SQ Goh Choon Phong, pihaknya mengajukan proposal kepada Airbus dan Boeing Co untuk kerja sama menghidupkan kembali penerbangan langsung itu.

Sementara itu, menurut catatan Rao, pesawat A350-900 mampu menjelajahi rute tersebut. Varian itu mampu menghemat 25 persen konsumsi bahan bakar ketimbang varian pendahulunya. Kelak, A350-900 SQ akan berkonfigurasi tiga kelas dengan 325 kursi. "Pesawat kami sedikit lebih cepat dari Boeing," kata Rao terkesan berpromosi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com