Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Susi Dituding Akan Jual 15 Pulau ke Investor Asing

Kompas.com - 19/08/2015, 07:17 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dituding akan menjual pulau di Indonesia Timur kepada investor asing. Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) mengatakan, Ditjen Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan punya program untuk memfasilitasi 15 pulau di Indonesia bagian timur. Menurut Kiara, pemberian fasilitas tersebut berarti membiarkan pulau itu dikelola dan dikuasai asing.

"Ada 15 pulau yang pembangunannya difasilitasi. Ke-15 pulau ini mau dijual ke investor asing tahun 2015," ujar Sekjen Kiara, Abdul Halim, di Jakarta, Selasa (18/8/2015).

Abdul mengatakan, proses penjualan pulau sudah terjadi di wilayah NTB, yang mengakibatkan penduduknya harus pergi dari rumahnya karena investor asing sudah membeli sebagian tanah untuk dijadikan hotel bagi turis yang akan datang di wilayah tersebut.

"Terjadi di NTB, 115 keluarga terpaksa diusir karena pulau mereka akan dimasuki investor asal Singapura, PT Blue Ocean Resort," kata Abdul.

Abdul pun menyayangkan sikap Menteri Susi yang tidak memperhatikan hal tersebut karena program fasilitas terhadap pulau tersebut terus berjalan tanpa memperhatikan pelaksanaannya.

"Bu Susi tidak memperhatikan pendahulunya, tetap mencantumkan 15 pulau dengan menyebut programnya memfasilitasi pembangunannya," kata Abdul.

Update
Baca tanggapan Menteri Susi: KKP: Kami Tidak Punya "Planning" Jual 15 Pulau ke Asing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com