Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Korsel Akan Beli "Multifinance" Milik Salim

Kompas.com - 21/08/2015, 14:05 WIB

SEOUL, KOMPAS.com -  Shinhan Card asal Korea Selatan berencana menjadi pemegang saham pengendali di salah satu perusahaan pembiayaan Indonesia. Perusahaan kartu kredit anak usaha Shinhan Financial Group ingin memperkuat pijakan di emerging market

"Pekan depan kami akan menandatangani kesepakatan di Jakarta, untuk membeli 50 persen saham di Swadharma Indotama Finance milik Salim Group di Indonesia," kata jurubicara Shinhan Card, dikutip media lokal Korea Times, Kamis (20/8/2015). 

Nilai pembelian perusahaan multifinance ini sekitar KRW 10 miliar atau 8,4 juta dollar AS, dan masih bisa berubah sesuai pembahasan mendatang. 

Shinhan Card berencana merampungkan niat ini di kantor Korea pada 21 Agustus, lalu dijadwalkan melakukan penandatanganan di Jakarta pada 26 Agustus. 

Selanjutnya, Shinhan Card akan mendirikan perusahaan patungan (joint venture) dan mengganti nama Swadharma pada November, jika otoritas finansial kedua negara setuju atas pembelian ini.

Jika ini berjalan lancar, Shinhan Card akan menjadi perusahaan kartu kredit Korea Pertama yang menjual produk dan layanan bagi warga Indonesia. 

Selain memperkuat bisnis pembiayaan Swadharma, Shinhan Card berencana masuk ke pasar kartu kredit Indonesia setahun kemudian.

Shinhan Card yang telah beroperasi 30 tahun, mencatat laba KRW 352 miliar pada periode Januari-Juni lalu, naik 11 persen dari periode yang sama tahun lalu. Perusahaan ini sudah lebih dulu terjun ke Vietnam dan Malaysia untuk bisnis kartu kredit. 

Sedangkan Swarharma, atau yang lebih dikenal dengan SIF tercatat memiliki 11 lokasi pembiayaan di kota-kota besar Indonesia, berdasarkan website resminya. Perusahaan mengucurkan pembiayaan bagi pembelian mobil sampai alat berat dan mesin.

Shinhan baru saja terjun ke bisnis pembiayaan. Juli lalu, perusahaan multifinance didirikan di Almaty Kazakhstan untuk mengurus pembiayaan pembelian kendaraan bermotor. Rencananya, bulan depan, unit ini akan memberikan layanan kredit individu.   

Di Indonesia, Grup Shinhan sudah masuk terlebih dahulu lewat Shinhan Bank yang mengakuisisi 75 persen Centratama Nasional Bank. (Sanny Cicilia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com