Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu dan Bahas Banyak Isu, Menhub Jonan dan RJ Lino "Islah"?

Kompas.com - 24/08/2015, 15:31 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama Pelindo II RJ Lino dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan kerap berselisih paham terkait banyak persoalan di sektor perhubungan laut. Namun, pekan lalu, kedua tokoh tersebut rupanya bertemu, duduk bersama dalam suatu pertemuan tertutup, membahas berbagai hal yang dinilai krusial.

"Banyak sekali yang disepakati. Ada 15 poin yang selama ini seolah-olah saya dengan Pak Jonan ada perbedaan dasar. Itu kami selesaikan semua," ujar Lino saat ditemui seusai acara seminar di Jakarta, Senin (24/8/2015).

Dia menuturkan, pertemuan tersebut membahas sejumlah isu, antara lain persoalan konsesi Jakarta International Container Terminal (JICT), proyek 35 pelabuhan, izin bongkar muat (IBM), hingga izin reklamasi tahap kedua Pelabuhan Tanjung Priok. Menurut dia, perbedaan pandangan antara dirinya dan Jonan sudah selesai.

"Proporsinya (kewenangan) tetap sama, cuma kan kadang-kadang undang-undang itu menganggapnya beda-beda. Kemarin itu sudah kami selesaikan semua," kata dia.

Lino juga mengaku terkejut, pertemuan dengan Menhub Jonan yang hanya berlangsung satu jam tersebut menghasilkan banyak kesepakatan. "Yang saya surprise itu, saya dan Pak Jonan hanya dengan 1 jam sudah ada 15 item yang diselesaikan. Jadi, isu-isu itu enggak akan muncul lagi. (Pembicaraan kami) mengenai konsesi, mengenai JICT, mengenai IBM, izin reklamasi tahap II," ucap dia.

Khusus terkait konsesi JICT, Jonan, kata Lino, sepakat bahwa konsesi yang dilakukan bukan berarti transfer aset. Oleh karena itu, dia berharap agar polemik terkait konsesi JICT yang selama ini muncul antara Pelindo II dan Kementerian Perhubungan bisa selesai.

"Ke depannya, kita jangan habiskan energi untuk keperluan yang enggak perlu. Coba kalian lihat, kan begitu banyak diskusi hanya untuk hal yang sebenarnya sudah selesai. Mudah-mudahan habis ini sama-sama bantu sehingga tol laut itu tidak ada perbedaan dasar ya. Kemarin saya juga ke Pontianak, dia (Jonan) juga lihat ya bagaimana pelabuhan itu diperbaiki, dibenahi. Jadi, polemik ini menurut saya sudah selesai," kata Lino.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Bobby Mamahit membenarkan adanya pertemuan antara Lino dan Jonan. Dia yang menjadi saksi kunci pertemuan itu mengatakan, hal-hal yang diungkapkan Lino sama seperti apa yang terjadi dalam pertemuan tertutup pada pekan lalu itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com