Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinergi BUMN, Pertamina dan KAI Sepakat Konversi Bahan Bakar Kereta Api

Kompas.com - 28/08/2015, 18:47 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pertamina bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) sepakat meningkatkan kerjasama antar kedua perusahaan.

Kerjasama tersebut terkait dengan pelaksanaan konversi bahan bakar KA dari solar menjadi Liquid Nature Gas (LNG). "Kita melihat sebuah momentum yang bersejarah karena melalui kerjasama ini kita berharap banyak hal yang bisa kita kembangkan," ujar Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, Jumat (28/8/2015).

Selain MoU terkait untuk konversi solar ke LNG, Pertamina dan KAI juga sedang menjajaki kerjasama lain yaitu pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) dan produk gas pertamina menggunakan kereta api.

Sementara itu Direktur Utama KAI Edi Sukmoro berharap dengan perjanjian tersebut, kerjasama KAI dan Pertamina bisa semakin ditingkatkan. Terkait dengan penjajakan kerjasama pendistribusian BBM dan gas dengan kereta api, Edi mengungkapkan bahwa KAI memang sudah memprediksi adanya lonjakan pengiriman barang mengunakan kereta api beberapa tahun ke depan.

"Dalam dua tahun lagi angkutan barang akan lebih besar dibanding angkutan penumpang. Karena di Jawa selama ini banyak permintaan untuk angkut kontainer dari pelabuhan. Di jalan raya beban truk tronton akan berkurang. Akibatnya efisiensi. Kecelakaan akan berkurang. Jalan tidak rusak. Tujuannya mengurangi cost logistik," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com