Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lapangan Handil di Blok Mahakam Hasilkan Minyak dan Kondensat 15.000 Barel per Hari

Kompas.com - 28/08/2015, 23:13 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama 40 tahun sejak beroperasi pertama kali pada Juli 1975, lapangan Handil di Blok Mahakam saat ini masih memproduksi minyak dan kondensat sebesar 15.000 barel per hari (bph), serta associated gas sebanyak 30 MMSCFD.

President & General Manager Total E&P Indonesie, Hardy Pramono mengatakan, produksi sebesar itu dapat dicapai berkat upaya ekstra dan penerapan inovasi teknologi. Pada awal operasi, tekanan reservoir masih tinggi sehingga lapangan ini pun berproduksi secara alamiah tanpa menggunakan alat bantu.

Namun seiring dengan tuanya usia sumur, tekanan reservoir pun melemah. Sehingga dibutuhkan teknologi injeksi air sejak 1978 dan injeksi gas sejak 1995. Pengangkatan buatannya pun dengan mempergunakan gas lift dan electrical submersuble pump. Dari 600 sumur yang ada di lapangan ini, sebanyak 110 diantaranya masih berproduksi.

Dia mengakui dengan bertambahnya usia maka berbagai aset yang ada harus dirawat dengan baik. “Karena semakin rentan namun harus tetap aman dioperasikan, sementara produksi harus dipertahankan agar tetap baik,” kata dia dalam rilis, Jumat (28/8/2015).

Sekadar informasi, lapangan Handil ditemukan pada Maret 1974 dan mulai produksi pada Juli 1975. Lapangan ini berada di ujung delta Sungai Mahakam. Luas lapangan ini sekitar 40 kilometer persegi dengan cangan minyak terletak di zona utama, berada di kedalaman 1.500-2.700 meter di bawah permukaan tanah.

Pada tahun 1997, puncak produksi lapangan ini mencapai 194.000 bph, dan total produksinya selama 40 tahun mencapai 900 juta barel, dan lebih dari 1,879 TCF gas alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com