Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Yakin Akan Menang Tender Kereta Cepat

Kompas.com - 29/08/2015, 05:02 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - China optimistis dapat menenangi tender proyek high speed railways (HSR) atau kereta cepat Jakarta-Bandung. Selain China, Jepang juga menyodorkan proposal proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

"China telah menawarkan proposal terbaik untuk proyek kereta cepat. Saya memiliki keyakinan penuh untuk proposal ini," kata Duta Besar China untuk Indonesia, Xie Feng, di Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Dalam pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, kedua pihak membahas tidak hanya kereta api cepat Jakarta-Bandung.

"Tapi kita juga memperluas topik mendiskusikan infrastruktur, sektor keuangan, investasi dan sebagainya," ujar Feng.

Namun, Feng tidak memberikan informasi apakah setelah pertemuannya dengan Darmin, dirinya akan menyambangi menteri lain demi suksesnya proposal. "Itu tanyakan ke Pak Menteri," ujar dia.

Kehadiran Duta Besar China itu hanya terpaut dua hari dari kunjungan utusan PM Jepang ke Menko Kemaritiman Rizal Ramli.

Adapun Darmin Nasution mengatakan, kedatangan Feng bertujuan menyelesaikan pembahasan kereta cepat. “Saya mencoba menyelesaikan pembahasan ini. (Tapi) Saya tidak bisa menjelaskan saat ini,” kata Darmin singkat.

Menurut Darmin, kedatangan pihak China sore ini adalah dalam rangka konsultasi. Oleh karena itu, semua aspek harus dikaji lebih mendalam seperti biaya dan dampaknya terhadap perekonomian. (Baca juga: Dubes China Sambangi Menko Perekonomian Bahas Proyek Kereta Cepat)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com