Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sore Ini, Para Menteri Siapkan Rekomendasi untuk Presiden soal Kereta Cepat

Kompas.com - 31/08/2015, 11:27 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa menteri bidang ekonomi akan melakukan rapat di Kementerian Koordinator Perekonomian, Senin (31/8/2015) sore, untuk membahas hasil kajian proyek kereta cepat dari konsultan, Boston Consulting Group (BCG). Mereka juga akan menyusun rekomendasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait mega proyek tersebut.

"Nanti sore Pak Darmin undang menteri-menteri, mungkin jam 4 kalau tidak berubah," ujar Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil, di istana kepresidenan, Senin pagi.

Sofyan mengungkapkan para menteri akan mendengar paparan dari konsultan independen yang telah ditunjuk pemerintah. Setelah itu, akan menyampaikan pandangannya dan menyiapkan rekomendasi untuk Presiden. Sofyan mengaku belum bisa berkomentar soal dua proposal yang sudah diajukan Jepang dan Tiongkok karena belum mendengar hasil kajian tim konsultan.

"Belum tahu deh, nanti rapat dulu," katanya.

Pada proyek kereta cepat itu, dua negara yaitu Jepang dan Tiongkok kini tengah bertarung sengit untuk meraih hati pemerintah. Mereka sudah mengajukan proposal yang disertai dengan feasibility studies.

Awalnya, Pemerintah menargetkan akhir Agustus ini akan mengumumkan siapa yang akan dipilih menggarap proyek bernilai triliunan rupiah itu. Proyek kereta cepat ini disebutkan akan menambah pilihan moda transportasi masyarakat Jakarta menuju Bandung. Waktu tempuh yang sebelumnya 2 jam diperkirakan bisa dipercepat menjadi hanya 30 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com