Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Siap Gabung Garap Kereta Cepat Jika China jadi Pemenang Proyek

Kompas.com - 02/09/2015, 19:02 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan perusahaan pelat merah siap membentuk konsorsium untuk menggarap proyek kereta api cepat jika pemenang proyek tersebut adalah China.

Menurut Rini, BUMN yang siap membentuk konsorsium dengan China adalah PT Wijaya Karya Tbk, PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero), PT Jasa Marga Tbk, dan PT KAI (Persero). "Jadi itu konsorisum," ucap Rini, Rabu (2/9/2015).

Sementara itu Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menegaskan berapapun investasi yang dikeluarkan, yang penting adalah keselamatan penumpang. Bahkan dia pun membenarkan saat dikonfirmasi wartawan, tidak masalah mahal asal selamat. "Ya, harus begitu (utamakan keselamatan)," kata Jonan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan rencananya pada Kamis (3/9/2015) besok dirinya akan menyampaikan rekomendasi kereta cepat ke Presiden Joko Widodo.

Sore ini, sejumlah menteri bidang perekonomian tengah mematangkan susunan rekomendasinya, namun tidak membuat keputusan. Rapat dihadiri diantaranya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Mariani Soemarno, serta Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

"Mudah-mudahan tinggal rapat hari ini. Tapi tidak langsung diumumkan (pemenangnya). Kita akan sampaikan rekomendasi ke Presiden, besok," ucap Darmin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com