Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per Agustus, Tekanan Inflasi di Bali Menurun

Kompas.com - 03/09/2015, 22:57 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Tekanan Inflasi di Bali mengalami penurunan di bulan Agustus 2015 setelah Juli bulan lalu mengalami puncak tertinggi selama tujuh bulan pertama tahun 2015.

Dewi Setyowati, Wakil Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah(TPID) Provinsi Bali mengatakan Bali mengalami inflasi sebesar 0,31 persen atau 7,05 (yoy). "Meskipun demikian, akumulasi inflasi Bali masih cukup rendah. Ini sesuai dengan pola musiman dimana inflasi pasca hari raya dan komen peak season kembali mereda di bulan Agustus," katanya, Kamis (3/9/2015).

Dewi Setyowati yang juga sebagai Pimpinan Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali ini juga menyampaikan bahwa segala upaya TPID dilakukan untuk menekan lajunya inflasi. TPID yang menggandeng Badan Pusat Statistik ini melakukan sosialisasi terkait dengan metode pengarahan inflasi dan koordinasi sehubungan dengan informasi terkini perkembangan inflasi.

"Kami sudah lakukan sosialisasi. Secara spasial, peningkatan tekanan inflasi terjadi di seluruh kota sampel perhitungan inflasi di Provinsi Bali terutama kota Denpasar," tambahnya.

Sinergitas upaya pengendalian inflasi dilakukan melalui kegiatan pasar murah, operasi pasar, sidak, pengelolaan ekspektasi dan pantauan jalur distribusi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com