Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amien Rais: Hadapi Krisis, Ekonomi dan Politik Harus Solid

Kompas.com - 03/09/2015, 23:18 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mantan ketua MPR yang juga Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat nasional (PAN) Amien Rais menilai perlu adanya penguatan politik dan ekonomi untuk menghadapi kekuatan internal maupun eksternal.

"Pada hakekatnya ada dua bangunan yang paling penting bagi negara. Bangunan Ekonomi dan bangunan Politik," ujar Amien Rais saat jumpa Pers di kediamanya Pandean Sawitsari Condongcatur Sleman, Kamis (03/09/2015).

Amien Rais menuturkan, jika ekonomi hancur negara bisa mengalami dua kemungkinan. Pertama bila politik juga ikut retak dan tidak solid negara bisa runtuh bahkan lenyap dari peta dunia.

"Yang kedua, bila politik cukup kuat kehancuran ekonomi tidak merobohkan negara. Kesatuan politik nasional akan mampu memikul dampak keruntuhan ekonomi," tuturnya.

Karena itu, kedua bangunan itu harus kuat sehingga mampu menghadapi setiap tantangan yang ingin menghancurkan negara, baik internal maupun eksternal. Ia menilai, ditengah kondisi saat ini sebagian menteri dan pemimpin nasional sudah kehilangan kewaskitaan.

"Kita jangan mengira seolah-olah tidak mengalami kritis. Kita tidak boleh bersikap seperti burung unta yang menengelamkan kepala kepasir saat melihat bahaya, berharap ancaman hilang sendiri," tegasnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com