Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Hari Ini BNP2TKI Fasilitasi Pemulangan 3 Jenazah TKI Asal Jatim

Kompas.com - 09/09/2015, 19:56 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melalui Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (LP3TKI) Surabaya, Rabu (9/9/2015), kembali memfasilitasi pemulangan tiga jenazah TKI korban musibah kapal karam di Selat Malaka, Malaysia, pada Kamis (3/9/2015) lalu.

Ketiga jenazah TKI itu ialah, Mura'i asal Dusun Permisan, Desa Serut, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember; Bella Vioela Jaya asal Dusun Krajan, Desa Taman Agung, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi; dan Ponijan asal Dusun Geplek Barat, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember.

Jenazah TKI Mura'i dan Bella Vioela Jaya tiba di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Rabu pagi, setelah diterbangkan dengan pesawat Garuda GA 302 dari Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang, Banten. Kedua jenazah TKI itu diterbangkan dari Kuala Lumpur, Malaysia, menuju Bandara Soekarno - Hatta, dengan pesawat GA 817, Selasa (8/9/2015) pukul 18.00.

Adapun jenazah TKI Ponijan terjadwal diterbangkan dari Kuala Lumpur, Malaysia, menuju Bandara Soekarno - Hatta dengan pesawat GA 821 Rabu siang tadi. Selanjutnya jenazah diterbangkan kembali dengan pesawat GA 324 menuju Bandara Juanda Surabaya malam ini.

Kepala LP3TKI Surabaya Tjipto Utomo menjelaskan, pihaknya telah menyediakan fasilitasi pelayanan berupa mobil ambulans memulangkan ketiga jenazah TKI tersebut dari Bandara Juanda hingga rumah duka masing-masing. Pihaknya juga memberikan santunan kepada para keluarga korban.

"Untuk pemulangan jenazah Mura'i dan Ponijan ke rumah duka di Jember, serta jenazah Bella Vioela Jaya di Banyuwangi kami melibatkan P4TKI Sidoarjo dan P4TKI Banyuwangi," kata Tjipto Utomo.

Mengenai fasilitasi mobil Ambulans, Tjipto mengatakan, untuk pemulangan jenazah Bella Viola Jaya ke rumah duka di Kabupaten Banyuwangi menggunakan mobil Ambulans milik LP3TKI Surabaya. Semantara itu, untuk pemulangan jenazah Mura'i dan Ponijan di Kabupaten Jember menggunakan dua unit mobil Ambulans yang disewa oleh LP3TKI Surabaya.

Tjipto menambahkan, LP3TKI Surabaya dalam tiga hari ini sudah memulangkan 6 (enam) jenazah TKI/WNI asal Jawa Timur yang menjadi korban musibah kapal karam di Selat Malaka, Malaysia, Kamis pekan lalu. Keenam jenazah TKI/WNI itu ialah, MD Tosandan Sunaryeh (suami isteri) asal Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan; Suyanti asal Desa Sidorejo Sidomunlyo Rt 3/Rw 9 Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, yang telah dipulangkan ke rumah duka masing-masing pada hari Senin (07/09/2015). Kemudian, hari ini LP3TKI kembali memulangkan 3 jenazah TKI/WNI, yaitu jenazah Mura'i dan Ponijan ke Kabupaten Jember, serta jenazah Bella Vioela Jaya ke Kabupaten Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com