Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko: Ada Pusat Logistik Berikat, Pertamina Tak Perlu Bangun 'Storage'

Kompas.com - 18/09/2015, 18:01 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, kebijakan pemerintah menyediakan Pusat Logistik Berikat (PLB) memberikan keuntungan pada BUMN energi, PT Pertamina (Persero).

Sebab, apabila ada perusahaan yang memanfaatkan PLB untuk membangun penyimpanan bahan bakar minyak (BBM), Pertamina tidak perlu membangun tangki storage.

"Jadi dengan adanya storage di Pusat Logistik Berikat ini kelebihannya Pertamina enggak perlu bangun. Itu punya memang punya asing. Tinggal nunggu dibeli (BBMnya)," kata Darmin di Jakarta, Jumat (18/9/2015).

Darmin mengatakan, sejauh ini sudah ada beberapa perusahaan yang berminat memanfaatkan PLB, diantaranya yaitu satu perusahaan kapas di Cikarang Jawa Barat, satu perusahaan susu di lokasi sama, dan satu perusahaan yang bergerak di sektor minyak dan gas di Tanjung Batu, Kalimantan.

Selain itu, ada juga kawasan pergudangan di Banten, Jawa Barat. Darmin mengatakan, selain di Kalimantan, storage juga akan dibangun di beberapa tempat seperti di Sumatera dan Maluku.

"Nanti Pertamina tinggal beli dari situ. Kalau dibilang ini tidak konkret, ini konkret sekali," kata dia.

Lebih lanjut Darmin menjelaskan, disebut 'berikat' sebab sebelum barang keluar dari tempat itu baik untuk ekspor maupun impor, maka belum dikenai kewajiban bea keluar maupun bea masuk, dan kewajiban ekspor/impor lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com