Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembebasan Lahan Tol Trans Sumatera Selesai Akhir Tahun

Kompas.com - 21/09/2015, 20:38 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan, perkembangan pembebasan lahan tol Trans Sumatera telah hampir mencapai final, di beberapa ruas. Pembebasan ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar ditargetkan selesai pada Oktober 2015. "Yang di Bakauheni tanggal 28 September akan bebas, yang di Terbanggi Besar sekitar 15 Oktober 2015," kata Basuki ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Basuki menambahkan, pada bagian ujung ruas tol tersebut ditargetkan pembayaran pembebasan lahan dapat dilakukan pada 20 Oktober 2015. Total dana yang digelontorkan untuk pembebasan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar mencapai Rp 800 miliar. "Jadi kira-kita akhir Oktober ini semua sudah bisa jalan," kata Basuki.

Sementara itu, Basuki menuturkan ruas tol Palembang-Indralaya pun sudah tidak ada masalah. "Medan-Binjai juga bisa semua. Kira-kira November sudah terbayar," sambung dia.

Basuki mengatakan, diperkirakan pada  Desember tahun ini, proses konstruksi untuk seksi I dan seksi II sudah bisa dimulai.

Sayangnya, perkembangan ruas tol lainnya belum sepesat Bakauheni-Terbanggi Besar, ataupun Palembang-Indralaya. Ruas tol Kandis-Dumai misalnya. Basuki mengatakan baru sebagian kecil yang bisa dilakukan pembayaran pembebasan lahan. "Karena masih ada masalah tata ruang. Jadi di Kepulauan Riau itu belum ada perda tata ruang," pungkas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com