Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Paket Kebijakan Ekonomi Diyakini Perkuat Rupiah

Kompas.com - 24/09/2015, 20:47 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution berkeyakinan dua paket kebijakan ekonomi pemerintah bisa berimbas positif pada penguatan nilai tukar rupiah atas dolar Amerika Serikat.

"Kalau ditanya apa berespons langsung atau tidak (terhadap penguatan rupiah), mestinya langsung ya," ujar Darmin usai menghadiri pemakaman Adnan Buyung Nasution, Tempat Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis (24/9/2015).

Darmin menyebut, paket kebijakan ekonomi yang diumumkan langsung Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu adalah tahap pertama. Adapun, belum diketahui kapan dikeluarkannya paket tahap kedua.

Jika paket kebijakan sebelumnya berfokus ke mempermudah investasi dalam negeri, lanjut Darmin, paket tahap dua nanti akan lebih fokus pada peningkatan ekspor di sektor industri dan komoditas pertanian.

Pemerintah saat ini, lanjut Darmin, ingin menyederhanakan peraturan ekspor yang dianggap menghambat ekonomi.

"Tapi, kami masih membahasnya ya. Saat ini, yang jelas nomor satu yang diperlukan adalah (kebijakan yang mempermudah) ekspor," tutur Darmin.

Jika kebijakan tahap pertama dan kedua itu telah dilaksanakan dan berjalan, Darmin kian yakin ekonomi tanah air kembali menguat. Nillai tukar rupiah terhadap dolar AS pun kian perkasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com