Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melonjak 22 Dollar AS, Harga Emas Dunia Sentuh Level Tertinggi Sebulan

Kompas.com - 25/09/2015, 08:06 WIB
CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup naik tajam pada Kamis (24/9/2015) waktu setempat (Jumat pagi WIB), seiring dengan melemahnya dollar AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember melonjak 22,30 dollar AS, atau 1,97 persen, ditutup pada 1.153,80 dollar AS per ounce. Ini adalah penutupan tertinggi sejak 21 Agustus lalu.

Para analis mengatakan, emas yang dihargakan dalam dollar AS terdorong oleh melemahnya mata uang AS itu terhadap mata uang utama lainnya.

Faktor lain pendongkrak harga logam mulia ini adalah merahnya bursa saham global.  Pasar saham AS juga turun tajam pada Kamis. Sementara itu, pasar saham Eropa dan Asia sebagian besar ditutup melemah.

Sementara  Departemen Tenaga Kerja AS menyatakan, angka pendahuluan untuk klaim awal pengangguran yang disesuaikan secara musiman mencapai 267.000 dalam pekan yang berakhir 19 September, meningkat 3.000 dari tingkat direvisi minggu sebelumnya.

Sedangkan Departemen Perdagangan AS menyebutkan, pesanan baru untuk barang manufaktur tahan lama pada Agustus menurun 4,8 miliar dollar AS atau dua persen menjadi 236,3 miliar dollar AS.

Adapun logam lainnya di COMEX, perak untuk pengiriman Desember naik 34,10 sen atau 2,31 persen ditutup pada 15,13 dollar AS per ounce, sementara platinum untuk pengiriman Oktober naik 23,40 dollar AS atau 2,51 persen menjadi 955,80 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com