Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Hal Dasar Pergeseran Perilaku Belanja Masyarakat

Kompas.com - 03/10/2015, 16:41 WIB

KOMPAS.com – Potensi bisnis jual beli melalui internet atau e-commerce (sistem perdagangan secara elektronik) masih sangat menjanjikan. Hal ini seiring dengan pergeseran perilaku belanja masyarakat yang mulai menyukai belanja secara elektronik. Alasannya, masyarakat menilai belanja secara elektronik lebih praktis, mudah, dan efisien.

Chief Executive Officer (CEO) & Founder Bukalapak.com, Achmad Zaky mengatakan, sejauh ini pertumbuhan bisnis toko dalam jaringan (daring/online) terus meningkat. Meski akses internet baru mencapai sekitar 83,7 juta orang atau 30 persen dari populasi masyarakat Indonesia, penetrasi internet sangat pesat.

Lantaran itulah, menurut Acahmad Zaky, pihaknya optimistis bahwa pertumbuhan transaksi di laman Bukalapak.com akan makin melesat. "Ini karena makin tingginya penetrasi internet di masyarakat," katanya pada acara bertajuk Pesta Wirausaha TDA di Samarinda, Kalimantan Timur pada Kamis (1/10/2015).

Menurutnya, saat ini layanan marketplace Bukalapak telah menyediakan lebih dari 1,25 juta produk, dengan penambahan 80.000 produk setiap harinya. Adapun jumlah pedagang yang ada di situs bisnis daring ini mencapai lebih dari 500.000, dengan nilai transaksi setiap hari rata-rata sekitar Rp 8 miliar.

Ditambahkannya, Bukalapak sendiri dalam sebulan mampu membukukan kenaikan transaksi 20 persen. Bahkan, sejak awal 2015 ini, Bukalapak sudah tumbuh empat sampai lima kali lipat. “Itu belum sampai akhir tahun nanti,” imbuhnya.

Zaky tak memungkiri, persaingan bisnis daring kini makin ketat. Bahkan para pesaing memiliki permodalan yang cukup besar. “Menghadapi fenomena ini, Bukalapak berupaya terus memperbaiki diri, serta menjaga kepercayaan penjual dan pembeli, dan terus memperbaiki situsnya. Selain itu, kemudahan prosedur berjualan membuat Bukalapak menjadi platform yang menarik dan mudah dimengerti bagi para pengusaha UKM untuk terjun ke bisnis online,” terangnya.

Sementara itu, selama ini barang yang paling laku di situs Bukalapak berupa gawai beserta aksesorisnya. Berikutnya adalah produk fesyen serta  produk yang berkaitan dengan hobi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com