Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Transparansi, BPN Gandeng Bank BJB

Kompas.com - 10/10/2015, 20:33 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Untuk meningkatkan fungsi transparansi, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Barat menggandeng PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB). Bank BJB merupakan BUMD pertama yang digandeng BPN di Indonesia.

“Semua pembayaran di BPN saat ini melalui bank, tidak oleh bendahara. Kami menghindari kontak langsung dengan masyarakat (pembayaran) untuk meningkatkan fungsi transparansi,” ujar Pemimpin Wilayah BPN Jabar, Syafriman seusai penandatanganan nota kesepahaman antara BPN-Bank BJB di Bandung, Sabtu (10/10/2015).

Syafriman menjelaskan, jumlah penduduk di Jabar dan Banten hampir 60 juta. Salah satu bank yang mereka akses adalah bank milik pemda, Bank BJB. Terlebih saat ini, Bank BJB memiliki banyak ATM dan kantor cabang hingga di pelosok Jabar.

Sementara itu, Direktur Utama Bank BJB, Ahmad Irfan mengatakan, selain untuk meningkatkan fungsi transparansi, kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan dana pihak ketiga (DPK). Ada lima poin yang dilakukan dalam kerja sama tersebut. Yakni pertama payment untuk melayani transaksi atas penerimaan biaya layanan dari BPN. Kedua, pickup service, lalu payroll services atau penyaluran gaji. Selanjutnya kredit kepada karyawan dan terakhir pemanfaatan Mobil Edukasi Bank BJB untuk sosialisasi dan pemerintaan pembayaran layanan BPN di wilayah Jabar.

“Ya, tentunya kerja sama ini untuk meningkatkan DPK,” tuturnya.

Irfan mengungkapkan, di masa-masa sulit seperti sekarang, Bank BJB membuktikan tetap tumbuh dan berkembang lebih besar dan kuat. Pada triwulan II/2015, pihaknya berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 582 miliar atau meningkat 21,76 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Adapun total aset mencapai Rp 95,9 triliun atau meningkat sebesar 22,1 persen (yoy), serta DPK mencatat total dana nasabah sebesar Rp 82,7 triliun atau meningkat 32,4 persen (yoy).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com