Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kualitas Eropa, Harga Asia"

Kompas.com - 14/10/2015, 21:17 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com — Perusahaan asal Iran, Mapna Group, berharap bisa mengembangkan bisnisnya di Indonesia, termasuk proyek listrik 35 gigawatt yang diusung oleh pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla.
 
Market Development Manager Mapna Group Mahmood Sepahhbodnia menyatakan, kualitas produk Mapna lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan dari China ataupun India. "Itu adalah fakta," kata dia di Kompleks Industri Mapna, Karaj, Iran, Selasa (13/10/2015).
 
Bahkan, ia menjamin kualitas produk Mapna setara dengan Eropa, tetapi dari segi harga lebih kompetitif. "Kualitas Eropa, harga Asia," ujar dia.
 
Ia mencontohkan proyek life time extension (LTE) untuk unit 2,1 dan 2,2 V94.2 turbin gas pembangkit listrik di Belawan, Medan, yang harganya 30 persen lebih murah dibanding peserta tender lainnya ketika itu. Saat ini, kedua unit tersebut digunakan PLN untuk menyuplai listrik di kawasan Sumatera Utara.
 
Selain itu, kata dia, salah satu perusahaan terbesar di Iran ini mempunyai kultur terbuka dan fleksibel. "Itu nilai kami," kata Mahmood.
 
Ia menegaskan, Mapna selalu mengerjakan yang terbaik untuk bisa bersaing dengan para pemain utama di sektor energi dunia.
 
Mahmood menjelaskan, proyek listrik Mapna, baik yang sudah jalan maupun masih pengerjaan, mencapai 64.214 MW.
 
Selain Indonesia, saat ini Mapna juga membangun proyek listrik di beberapa negara, antara lain Oman, Irak, dan Suriah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com