Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Perekonomian: Rupiah Menuju ke Fundamentalnya

Kompas.com - 15/10/2015, 10:22 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, depresiasi dollar AS telah memberikan ruang penguatan nilai tukar mata uang negara-negara lain.

Mata uang yang menguat lebih besar, kata Darmin, adalah negara yang mempersiapkan diri untuk memperbaiki ekonominya. "Kalau mempersiapkan diri, Anda bisa menguat lebih tinggi," kata Darmin dijumpai di kantornya, Kamis (15/10/2015) pagi.

Sebaliknya, mantan Gubernur Bank Indonesia itu menambahkan, apabila tidak mempersiapkan diri dengan baik, penguatan kurs tidak akan tinggi. Darmin menuturkan, dollar AS mengalami depresiasi setelah keputusan Bank Sentral Amerika Serikat untuk menunda penaikan suku bunga acuan atau The Fed Rate.

"Data pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan data tenaga kerja tidak bagus, itu satu hal (pendorong depresiasi dollar AS)," kata Darmin.

Dengan depresiasi dollar AS ini, nilai tukar rupiah lebih menguat. Akan tetapi, menurut Darmin, level kurs saat ini belum mencapai nilai fundamental rupiah. Sebabnya, rupiah sudah mengalami undervalued cukup dalam selama beberapa bulan terakhir.

"(Kemarin) sudah ada spekulasi, euforia, histeria, macam-macam. Sudah tidak keruan. Dia (rupiah) sekarang menuju balik (ke fundamentalnya)," tutur Darmin.

Setelah melemah pada Selasa lalu, pagi ini mata uang garuda naik sebesar 2,36 persen dan diperdagangkan di posisi Rp 13.295 per dollar AS. Pasar hari ini menunggu data perekonomian Indonesia, yang mencakup data ekspor impor serta keputusan bank sentral terkait dengan suku bunga acuan (BI Rate).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com