Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Harap Garap Kereta Cepat Selain Jakarta-Bandung

Kompas.com - 17/10/2015, 10:19 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Seusai menandatangani pembentukan perusahaan patungan dengan konsorsium BUMN Indonesia, China langsung berharap bisa menggarap proyek kereta cepat lainnya, misalnya rute Jakarta-Surabaya.

"Selain kereta cepat Jakarta-Bandung, kita juga berharap bangun kereta cepat di Jawa dan sekitarnya," ujar Chairman of Board China Railway International Co, Ltd, Yang Zhongmin pada acara penandatanganan joint venture perusahaan BUMN Indonesia dan China di Jakarta, Jumat (16/10/2015).

China berjanji akan melakukan transfer teknologi kereta cepat kepada Indonesia sekaligus memberikan pelatihan sumber daya manusia (SDM) kepada Indonesia dalam jangka panjang. Selain itu, China juga yakin bahwa dengan kerja sama tersebut maka bisnis BUMN di Indonesia akan semakin berkembang.

Kerja sama kereta cepat Jakarta-Bandung memang melibatkan BUMN, yakni PT Wijaya Karya, PT Kereta Api Indonesia, PT Jasa Marga, dan PT Perkebunan Nasional VIII.

"Saya optimis dengan berkolaborasi BUMN ini kami yakin proyek ini berjalan baik dan mencapai target yang diinginkan," kata Yang Zhongmin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com