Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Jokowi-JK, Kadin Nilai Pemerintah Tanggap Atasi Masalah Ekonomi

Kompas.com - 19/10/2015, 13:30 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Besok, 20 Oktober 2015, tepat setahun Jokowi dan Jusuf Kalla dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Selama kurun waktu itu, kinerja bidang ekonomi menjadi sorotan utama masyakarat lantaran pertumbuhan perekonomian menurun, nilai tukar rupiah melemah, hingga kenaikan barang kebutuhan pokok.

Namun, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia tetap mengapresiasi kinerja pemerintahan Jokowi-JK di bidang ekonomi.

Bahkan, pemerintah dinilai cukup responsif atau tanggap di tengah gejolak ekonomi global yang dihadapi saat ini.

"Kami mengapresiasi itu karena cukup mengena dengan harapan-harapan dan langkah dunia usaha," ujar Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto di Jakarta, Senin (19/10/2015).

Dia mengatakan, berbagai paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah tak hanya sudah memenuhi harapan pengusaha besar, tetapi juga sektor usaha mikro kecil menengah.

Penurunan harga energi untuk produksi menjadi kunci pemenuhan harapan itu. Lagi pula, tantangan yang dihadapi pemerintahan Presiden Jokowi memang tak mudah lantaran terbentuk di tengah kondisi ekonomi global yang sangat tidak menentu.

"Tantangan yang tidak mudah, harga komoditas menurun cukup tajam, ekonomi Tiongkok sebagai lokomotif ekonomi dunia melemah, dan pertanyaan kapan AS naikkan suku bunga," kata dia.

Oleh karena itulah, Surya tak sependapat bila pemerintah disalahkan habis-habisan lantaran melemahnya ekonomi Indonesia saat ini. Pasalnya, hampir semua negara tutur dia juga mengalami problem yang sama seperti yang terjadi di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com