Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sofyan Djalil: Setahun Jokowi-JK, Upaya Pemerintah Sudah Luar Biasa

Kompas.com - 20/10/2015, 11:35 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Sofyan Djalil mengatakan, upaya yang dilakukan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam setahun terakhir, sudah luar biasa.

“Reformasi birokrasi, perizinan yang darinya di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berbulan-bulan, bertahun-tahun, sekarang sudah ada izin tiga jam,” kata Sofyan ditemui usai peluncuran Indeks Pembangunan Desa 2014, di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Selain penyederhaan proses perizinan investasi, gebrakan lain yang dilakukan pemerintahan Jokowi-JK adalah mempermudah izin invetasi di sektor kelistrikan.

Tak hanya itu saja, pemerintah juga telah menertibkan 70.000 kapal ilegal, yang membuat bisnis di sektor maritim tidak kondusif.

“Hari ini praktis laut kita bersih dari kapal ilegal. Pukat-pukat tradisional pun mulai hidup kembali. Nelayan kembali bisa tangkap ikan,” ucap Sofyan.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu menyampaikan, ibarat pertandingan sepakbola, pemerintahan Jokowi-JK baru bermain 15 menit.

So far OK. Kalau lihat survei yang dilakukan itu, tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan, satu tahun cukup bagus, walaupun ada faktor pelemahan ekonomi dunia,” jelas dia.

Lebih lanjut dia menambahkan, di lembaganya sendiri, Bappenas terus melakukan perbaikan kebijakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com