Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiriman Uang TKI Akhir Desember Ini Bisa Capai Rp 124 Triliun

Kompas.com - 28/10/2015, 15:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Ada catatan penting atau pesan khusus perlu disampaikan kepada masyarakat pada pekan promosi atau hajatan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) yang digelar pekan lalu. Hal penting itu adalah sumbangsih tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri selama ini, yakni kiriman uang mereka ke Tanah Air. 

Plt. Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promosi (KLNP) BNP2TKI Anjar Prihantoro mengatakan, sektor jasa (TKI) ini pada semester I tahun 2015 telah menghasilkan 4,7 juta dollar AS. Angka itu setara dengan 68 persen dari total Foreign Direct Investment (FDI), walaupun selama ini penempatan TKI belum pernah mendapat insentif sebesar insentif yang diberlakukan terhadap investasi asing.

"Diperkirakan pada Desember 2015 nanti remitansi yang masuk dapat mencapai 9.5 miliar dollar AS. Kalau dikalikan kurs rupiah sebesar Rp 13.000, maka remitansi yang masuk sama dengan Rp 124 triliun," kata Anjar, Rabu (28/10/2015).

Untuk itulah, lanjut Anjar, prioritas promosi yang dilakukan ke depan adalah ke negara Amerika Serikat, Kanada, Australia, Ingris, Arab Saudi, Qatar, UEA dan Kuwait. Adapun jabatan yang dipromosikan adalah: perawat, weldwr, tukang batu dan pekerja sektor hospitaliti.

"Tentu ini akan berjalan dengan baik kalau ada kolaborasi antara BNP2TKI dan Kementerian Perdagangan. Karena itu, perlu segera dibuat MoU agar dalam pelaksanaanya dapat berhasil optimal," kata Anjar.

Dia mengatakan, beberapa negara yang meminta tenaga kerja dari Indonesia berbeda-beda kebutuhan. Dubai, Uni Emirat Arab, misalnya meminta tenaga kerja berupa tenaga di sektor perawat. Sementara dari London permintaan tenaga kerja yang masuk adalah koki, perawat orang tua lanjut usia, perawat anak dan perawat rumah sakit, dan banyak lagi.

Untuk merealisasikan semua itu, BNP2TKI akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Perdagangan. Koordinasi itu dibutuhkan untuk menyusun perjanjian kerjasama terkait promosi TKI di negara-negara non-mainstream bagi pengiriman TKI (non PLRT) dan meningkatkan brand image dengan menjadikan TKI sebagai salah satu duta produk Indonesia di luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com