Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Keberlanjutan Pangan untuk Masa Depan

Kompas.com - 29/10/2015, 16:52 WIB

KOMPAS.com - Keberlanjutan pangan adalah hal yang penting untuk masa depan. Setidaknya, pemerintah melalui Kementerian Pertanian menerjemahkan hal tersebut sebagai ketahanan pangan. Sementara, di dunia pendidikan, langkah tersebut dilaksanakan dengan kepedulian pada proses-proses produksi pangan, pengolahan pangan, hingga kelangsungan hidup.

Catatan soal keberlanjutan pangan itu datang dari Universitas Surya. Dalam siaran persnya pada Kamis (29/10/2015), lembaga ini menggelar Sustainable Food Festival 2015 pada 24-25 Oktober 2015 lalu di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat. Pergelaran oleh para mahasiswa Teknologi Pangan mengusung tema Sustainable for Our Society.

Sustainable Food Festival 2015 mengajak keluarga, teman, dan masyarakat mulai peduli dan berkontribusi  mulai dari hal–hal kecil di kehidupan sehari–hari. Misalnya,  tidak memakai plastik dan sterofoam, makan makanan yang sehat dan menghabiskannya.  

Acara ini berisi festival makanan organik dan sehat, demo masak oleh chef handal, workshop recycling, lomba menarik dan sebagainya. Penyelenggara pun menggandeng Komunitas Organik Indonesia. Sebanyak 40 gerai  yang berperan serta di acara ini tidak menyediakan sterofoam dan kantong plastik. Dengan cara itu, pengunjung dapat mulai belajar untuk membawa tas belanja sendiri. Masyarakat juga bisa banyak belajar tentang produk makanan yang unik dan menarik seperti abon jamur, tepung dari pisang, madu hutan dan bahan – bahan organik yang ada. Dengan acara ini, masyarakat bisa kian sadar, peduli, dan mendukung keberlanjutan pangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com