Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polemik Bandara Lebak, Kemenhub Undang Presdir Lion Grup Duduk Bersama

Kompas.com - 04/11/2015, 19:08 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengundang Presiden Direktur Lion Grup Edward Sirait dan Direktur Utama PT Maja Raya Indah Semesta (MRIS) Ishak duduk bersama, terkait polemik pembangunan bandara di Lebak, Banten. Rencananya, pemanggilan itu akan dilakukan pada Jumat (6/11/2015). "Kalau sore ini tidak memungkinkan, kami undang bapak (Edward Sirait dan Ishak) hari Jumat," ujar Direktur Kebandarudaraan Kemenhub Agus Santosa di Jakarta, Rabu (5/11/2015).

Kemenhub sendiri sudah memberikan tujuh syarat kepada Lion Grup dan MRIS bila ingin membangun bandara. Nantinya, keputusan diizinkan atau tidaknya pembangunan tersebut tergantung syarat-syarat tersebut.

Ketujuh syarat yang harus dipenuhi yaitu pengembangan wilayah, ekonomi dan finansial, teknis pembangunan, lingkungan alam, sosial, angkutan udara, dan operasional. Dari syarat tersebut, aspek operasional belum dipenuhi oleh Lion Grup dan MRIS.

Lantaran ruang udara di Lebak sempit, Kemenhub meminta orientasi arah runway diubah sesuai saran yang diberikan Kemenhub. Namun hingga kini, syarat tersebut belum dipenuhi.

Saat ini, pembangunan bandara di Lebak masih menjadi polemik. Menurut Kemenhub, ruang udara di Lebak terbilang sempit karena ada Bandara Curug di sisi barat. Di sisi tenggara, ada Bandara Atang Sanjaya. Di timur, ada Bandara Rumpin. Di sebelah utara dan timur laut, itu wilayah Soekarno-Hatta dan Halim.Di sisi utara, juga ada wilayah milik Arhanud (Artileri Pertahanan Udara TNI), tempat latihan militer untuk tembak-menembak. Sementara itu, di sisi selatan, ada daerah pegunungan dengan ketinggian bukit antara 5.000 kaki hingga 11.000 kaki.

Dengan keterbatasan ruang udara itu, Kemenhub meminta PT Maja Raya Indah Semesta (MRIS) selaku inisiator sekaligus calon pengembang bandara, melakukan pengkajian lebih dalam, salah satunya penyesuaian arah landasan pacu sehingga tak mengganggu ruang udara bandara yang ada di sekitarnya. Namun, meski landasan pacu diubah, Kemenhub tetap meyakini operasional bandara Lebak tak akan optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com