Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Pertumbuhan Ekonomi Meningkat Hingga Kuartal IV 2015

Kompas.com - 05/11/2015, 20:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal III 2015 mencapai 4,73 persen year on year (yoy), lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya yang menyentuh 4,67 persen (yoy).

Sementara, Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi RI akan terus meningkat pada kuartal IV 2015. Bank sentral memandang, peningkatan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2015 sejalan dengan berbagai indikator yang dipantau oleh BI dalam beberapa bulan terakhir. Kondisi ini juga menunjukkan semakin kuatnya momentum pertumbuhan ekonomi ke depan. "Bank Indonesia memandang perbaikan ekonomi Indonesia akan terus berlanjut pada kuartal IV 2015. Peran Pemerintah diperkirakan semakin kuat antara lain melalui akselerasi pelaksanaan proyek infrastruktur pemerintah yang mampu mendorong kinerja investasi yang lebih baik," tulis Andiwiana, Deputi Direktur Departemen Komunikasi BI dalam keterangan resmi, Kamis (5/11/2015).

Investasi swasta, imbuh Andiwiana, diharapkan juga akan meningkat sejalan dengan rangkaian paket kebijakan pemerintah, termasuk berbagai deregulasi yang mendukung iklim investasi. Tidak hanya itu, diselenggarakannya pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada Desember 2015 juga diprediksi mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kuartal IV 2015 dari sisi kinerja konsumsi.

Selain itu, pelonggaran kebijakan makroprudensial juga diperkirakan akan mulai memberikan dampak terhadap aktivitas ekonomi pada triwulan IV 2015. "Bank Indonesia akan terus memonitor berbagai perkembangan baik domestik maupun eksternal, sekaligus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi, dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi. Dengan stabilitas makroekonomi yang terjaga, perekonomian Indonesia akan dapat tumbuh pada tingkat yang lebih tinggi secara berkesinambungan," ujar Andiwiana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com