Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri ESDM: Tarif Listrik Pelanggan 450 VA Tidak Akan Naik

Kompas.com - 09/11/2015, 11:46 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan untuk tetap memberikan subsidi listrik bagi pelanggan PLN dengan daya 450 VA.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, keputusan tersebut diambil dalam rapat kabinet terbatas pekan lalu, dengan melihat berbagai pertimbangan.

"Ratas kabinet pada Rabu pekan lalu sudah memutuskan bahwa 450 VA tidak akan ada perubahan," kata Sudirman di Jakarta kemarin Minggu (8/11/2015).

Sementara itu, Sudirman menuturkan, untuk pelanggan PLN dengan daya 900 VA akan dilakukan penyisiran. Penyisiran dilakukan oleh tim yang terdiri dari TNP2K, petugas kelurahan, serta PLN.

Dalam penyisiran itu nantinya petugas akan mengecek barang-barang apa saja yang dipunyai penghuni rumah. Dari situ akan diputuskan apakah pelanggan bersangkutan masih layak menikmati subsidi listrik.

"Dengan itu kita akan memutuskan ke depan kebijakannya seperti apa. Tapi yang 450 VA jelas tidak ada perubahan, tidak ada kenaikan," kata Sudirman.

Dalam kesempatan sama, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman menjelaskan, jika dikombinasikan antara data pelanggan PLN dan data TNP2K, maka diketahui sebanyak 70 persen pelanggan 900 VA, bukan termasuk masyarakat miskin dan rentan miskin.

Jumlah pelanggan PLN daya 900 VA ada sebanyak 20,23 juta orang. Sedangkan yang termasuk masyarakat miskin dan rentan miskin hanya 6,3 juta orang.

"Artinya 70 persen dari pengguna 900 VA sebenarnya tidak berhak mendapatkan subsidi. Sehingga nanti akan disisir berdasarkan identitas itu tadi," ucap Jarman.

Penyisiran tersebut, lanjut Jarman, membutuhkan waktu empat bulan. Sementara itu, dari 25,15 juta orang pelanggan PLN daya 450 VA, mayoritas pelanggan masuk dalam golongan masyarakat miskin dan rentan miskin.

"Itulah kenapa diputuskan bahwa 450 VA tetap dapat (subsidi listrik)," kata Jarman.

baca juga: BPS: Jika Subsidi Listrik Dicabut, Angka Kemiskinan Bertambah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com