Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Indonesia Gabung OPEC: Cari Minyak ‘Harga Teman’

Kompas.com - 10/11/2015, 18:12 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjadi bagian dari organisasi negara-negara pengekspor minyak atau Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC), tentu saja Indonesia membawa kepentingan.

“Dengan bergaul ke dalam OPEC dan berteman baik di sana, kita targetnya mendapatkan long term supply dengan harga yang tentunya harga pertemanan juga. Arahnya juga ke sana,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Wiratmadja Puja, di kantornya Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Wiratmadja menuturkan, Indonesia membutuhkan jaminan pasokan bahan bakar minyak. Di lain pihak, negara-negara penghasil/penjual minyak yang ada di organisasi itu membutuhkan pembeli dalam jumlah besar dan temponya jangka panjang.

“Jadi untuk produksinya, mereka ada kepastiannya. Jadi, sama-sama memerlukan,” kata Wiratmadja.

Lebih lanjut dia bilang, sebagai negara pengguna minyak yang besar, Indonsia perlu bergaul di dunia internasional.

Lebih dari itu, Wiratmadja menambahkan, Indonesia juga perlu terlibat dan menjadi bagian dari organisasi level internasional lainnya.

“Di situ kita harus menunjukkan bahwa kita mampu menjadi leadership dan mampu menjadi perekat di dalam organisasi tingkat dunia tidak hanya OPEC,” pungkas Wiratmadja.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com